Sabtu, 10 November 2012

ISO 14001


Sistem Manajemen Lingkungan merupakan bagian integral dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan yang terdiri dari satu set pengaturan-pengaturan secara sistematis yang meliputi struktur organisasi, tanggung jawab, prosedur, proses, serta sumber daya dalam upaya mewujudkan kebijakan lingkungan yang telah digariskan oleh perusahaan. Sistem manajemen lingkungan memberikan mekanisme untuk mencapai dan menunjukkan performasi lingkungan yang baik, melalui upaya pengendalian dampak lingkungan dari kegiatan, produk dan jasa. Sistem tersebut juga dapat digunakan untuk mengantisipasi perkembangan tuntutan dan peningkatan performasi lingkungan dari konsumen, serta untuk memenuhi persyaratan peraturan lingkungan hidup dari pemerintah.
Tujuan secara menyeluruh dari penerapan Sistem Manajemen Lingkungan (SML) ISO 14001 sebagai standar internasional yaitu untuk mendukung perlindungan lingkungan dan pencegahan pencemaran yang seimbang dengan kebutuhan sosial ekonomi. Manajemen lingkungan mencakup suatu rentang isu yang lengkap meliputi hal-hal yang berkaitan dengan strategi dan kompetisi. Penerapan ISO 14001 juga memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Beberapa manfaat yang penting yaitu meningkatkan kinerja lingkungan, mengurangi biaya dan meningkatkan akses pasar.
Sebenarnya penerapan Sistem Manajemen Lingkungan Standar ISO 14001 dapat menjadi kebutuhan bagi perusahaan, karena dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan memberikan citra baik dan meningkatkan efisiensi agar mampu bersaing di pasar global, sehingga dapat meraih keuntungan.
Beberapa manfaat lain bagi perusahaan yang menerapkan ISO 14001 adalah sebagai berikut.
  1. Dapat mengidentifikasi, memperkirakan daan mengatasi resiko lingkungan yang mungkin timbul, seperti misalnya polusi air, tanah, dan udara. Penerapan ISO 14001 memberikan cara untuk mengidentifikasi secara sistematik dan mengelola resiko lingkungan serta liability, sehingga mengurangi keluhan masyarakat.
  1. Memberi jaminan kepada konsumen mengenai komitmen pihak manajemen puncak terhadap lingkungan. Konsumen akan lebih merasa aman bila perusahaan telah memperoleh sertifikat ISO 14001 karena adanya perlindungan lingkungan.
  2. Meningkatkan kinerja lingkungan
  3. Menunjukkan ketaatan perusahaan terhadap Peraturan Perundang–undangan yang berkaitan dengan lingkungan.
  4. Dapat menekan biaya produksi dan meningkatkan pendapatan karena menghemat bahan dan energi (efisiensi proses).
  5. Dapat mengurangi kecelakaan kerja karena resiko kecelakaan dapat diminimalisir sejak dini.
  6. Dapat memelihara  hubungan baik dengan masyarakat, pemerintah dan pihak-pihak yang peduli terhadap lingkungan.
  7. Dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan mengangkat  citra  perusahaan, 
  8. Memperbesar pangsa pasar.
  9. Mempermudah memperoleh izin dan akses kredit bank.
  10. Dapat meningkatkan motivasi para pekerja.
  11. Memuaskan kriteria investor dan memperbaiki akses modal
  12. Meningkatkan hubungan dengan supplier.
  13. Langkah menuju pembangunan yang berkelanjutan.
  14. Meningkatkan efisiensi agar mampu bersaing di pasar global, sehingga dapat meraih keuntungan.
  15. Meningkatkan kinerja lingkungan, mengurangi biaya dan meningkatkan akses pasar.

Referensi  :
Hilman, Muti Sophira dan Ellia Kristiningrum. Kajian Manfaat Penerapan ISO 14001 Pada 12 Perusahaan. Badan Standardisasi Nasional

Key Management Solusindo. 2012. Apa Manfaat ISO 14001 Bagi Perusahaan?. Surabaya. On-line. http://keymanagementsolusindo.com/apa-manfaat-iso-14001-bagi-perusahaan/ [diakses tanggal 9 November 2012]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar